TERBARU

Mar 5, 2015

Cara Membuat Akun Google Plus

Bismillaahirrahmaanirrahiem. Selamat pagi kawan blogger semua, apa kabar? Semoga baik saja.
Setelah kawan membuat akun gmail, baiknya kawan juga membuat akun google plus. Kami akan utarakan cara membuat akun google plusOke, kita mulai tahapannya, semoga dapat dipahami dengan baik ya... :)


Sekilas Tentang Google Plus

Google plus (Google+) adalah social network baru yang dibuat oleh Google, dan dengan sangat cepat menjadi amat populer. Dalam beberapa minggu dibentuknya, Google+ telah memiliki lebih dari 10 juta user, dan angka ini terus berkembang.

Meski demikian, Google+ masih relatif sepi jika dibandingkan dengan Facebook atau social network lain seperti Twitter, sehingga mungkin akan jarang anda temukan teman anda di sana. Walau sepi, Google+ memberi banyak fitur untuk blogger dan praktisi SEO, misalnya fitur Google authorship (baca: cara membuat Google authorship), sehingga relatif penting untuk dimiliki untuk membuat situs anda tampil mencolok di hasil pencarian.

Tapi, tak peduli dengan sejarah Google+ atau fungsinya, post kali ini kita akan bicara tentang cara membuat akun Google plus.

Hal yang Anda Perlukan

  • Akun email untuk membuat Google account (anda tak perlu hal ini jika anda sudah memiliki akun Gmail karena ketika anda membuat akun Gmail, anda otomatis sudah memiliki Google account).

Langkah Pembuatan Akun Google Plus

Langkah #1: Kunjungi Situs Google+

Pergi ke situs Google+ dan anda akan lihat teks biru yang berbunyi: Sign in dan tombol biru yang berbunyi: Join Google+.
cara membuat akun google plus homepage

Langkah #2: Buat Akun atau Sign In

Jika anda sudah memiliki Google account (dengan memiliki akun Gmail maka anda telah memiliki Google account), maka anda hanya perlu klik tombol Sign In. Namun, jika anda tak memiliki akun Google, maka klik tombol Join Google+.

Langkah #3: Sign Up untuk Google Account

Setelah anda meng-klik tombol Join Google+, anda akan diarahkan ke halaman sign-in, namun klik tombol merah di bagian atas yang berbunyi:SIGN UP.
cara membuat akun google plus sign up picture

Langkah #4: Buat Akun Google Anda

Anda akan diarahkan ke halaman bernama "Create a new Google Account", dimana anda perlu mengisikan nama anda, username yang anda pilih, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor telepon, dan alamat email lain.
Ikuti saja instruksi yang ada di layar dan ingat untuk centang Terms and Condition Google.
cara bikin akun google plus awal picture

Langkah #5: Klik Tombol Next Step

Ketika anda telah mengisi semua kolom isian yang ada dalam form dan sudah men-centang terms of service, klik tombol Next Step.

Langkah #6: Lanjut Pembuatan Google+

Anda akan dibawa ke halaman lain yang mengkonfirmasi alamat email baru anda. Klik tombol biru berbunyi Continue to Google+.
cara membuat akun google plus continue picture

Langkah #7: Isikan Detil Akun Google+

Anda sekarang akan dibawa ke halaman dimana anda bisa mengisikan profile public anda seperti nama dan gender. Pastikan keduanya benar dan upload foto tentang diri anda.
cara bikin akun google plus isi nama picture
Ikuti instruksi di halaman, setelah anda selesai, klik tombol Upgradeberwarna biru di bawah.
cara bikin akun google plus upgrade picture

Langkah #8: Cari Teman di Google+

Anda kemudian bisa mencari orang yang anda ketahui dan telah menggunakan Google+. Anda bisa mencari mereka berdasarkan alamat email, universitas, atau nama.
Alternatif lain adalah dengan memilih untuk mencari kontak yang anda mungkin sudah miliki di akun Yahoo! atau Hotmail anda.
cara membuat akun di google+ add friend picture
Ketika anda selesai mencari kontak, atau jika anda ingin men-skip langkah ini, klik tombol Continue di bagian bawah screen.

Langkah #9: Ikuti Orang atau Halaman Terkenal

Google akan memberikan anda daftar orang dan halaman yang mungkin menarik bagi anda untuk anda follow.
Anda bisa memilih untuk meng-klik tombol Follow yang ada di sebelah bagian yang menarik bagi anda dan kemudian meng-klik Continue, atau men-skip langkah ini dan langsung meng-klik Continue.
mem follow orang terkenal di google plus picture

Langkah #10: Perjelas Profil Anda

Anda kemudian akan diberi pilihan untuk melebarkan atau memperjelas data profil anda untuk meliputi tempat kerja anda dan pendidikan anda, yang akan membantu pengguna lain untuk menemukan anda ketika mereka tengah mencari anda. Ketika anda sudah mengisikan semua informasi yang anda inginkan, klik Finish.
isi deitl google plus profile anda picture

Langkah #11: Tambah Foto Kover

Pada awal 2013, Google plus memperkenalkan cover photo yang lebih besar (cover photo = foto yang berada di atas profile anda).
Untuk menambahkan cover photo ini, pergi ke profile anda, klik tombolUpdate yours now.
google plus photo cover update picture
Jendela berisi galeri gambar akan muncul. Pilih salah satu atau upload gambar anda sendiri.
google plus akun galeri gambar picture
Setelah anda pilih salah satu gambar atau upload gambar anda sendiri, anda akan sampai pada halaman dimana anda bisa pilih bagian mana dari gambar tersebut yang akan menjadi photo cover anda.
Select dengan mouse yang ingin anda pilih, kemudian klik Save setelah anda selesai.
google plus akun select gambar picture
Dan halaman profile anda kini telah memiliki photo cover sendiri yang keren!
cara membuat google plus akun baru picture

Langkah #12: Akun Google Plus Anda Selesai!

Akun anda selesai di buat! Gampang bukan?
Kini anda bisa jelajahi akun Google plus anda, update status seperti di Facebook, update info profile anda, atau cari teman baru di sana.
Sekian tutorial mengenai cara membuat akun google plus dari belajar TIK-04. Semoga bermanfaat... Bila ada yang kurang dimengerti, silahkan isi komentar dibawah. Selamat belajar... :)
Sumber referensi

1 comment :

  1. Terimakasih banyak atas informasi yang diberikan semoga artikel ini bermanfaat

    ReplyDelete

Terimakasih sudah bertanya/mengomentari. In Sya Allah akan kami balas secepatnya... :)

 
Copyright © 2016 Belajar TIK 04. Designed by OddThemes | Published by Responsive Blogger Templates | Managed by Nineteenboy